The Forest Scribe

Dibalik Kebakaran Hutan dan Lahan

kebakaran lahan gambut

Kebakaran hutan dan lahan merupakan fenomena yang terjadi setiap tahunnya baik di Indonesia, Amerika Serikat, bahkan di Eropa. Penyebab kebakaran hutan dan lahan itu sendiri dipengaruhi oleh berbagai variabel dan tidak terjadi secara sistematis, sehingga tidak mudah mencegah terjadinya kebakaran. (GAPKI)

 

Unsur Kebakaran Hutan dan Lahan (HowStuffWorks):

  • Panas: Ada banyak potensial sumber panas yang dapat menimbulkan bara api dan menyulut kebakaran hutan dan banyak diantaranya disebabkan oleh manusia.
  • Bahan bakar: Iklim dan vegetasi yang kering dapat menyediakan bahan bakar untuk kebakaran hutan.
  • Oksigen: Oksigen yang berada pada angin kencang, mengipasi api dan menyebarkan bara api merupakan faktor krusial di dalam penyebab kebakaran hutan.

 

Pemicu Kebakaran Hutan dan Lahan (Cifor)

  • Faktor Alami

Tersambar petir, aktivitas vulkanis, dan faktor kemarau terlalu panjang yang memunculkan panas dari lapisan dalam tanah.

  • Membakar Hutan untuk Pembukaan Lahan

Metode pembakaran hutan banyak dilakukan oleh masyarakat hutan atau perusahaan karena murah dari segi biaya dan efektif dari segi waktu, serta hasil yang dicapai cukup memuaskan.

  • Konflik Lahan

Berbagai konflik sosial sering muncul di tengah masyarakat Kawasan hutan. Salah satunya ada rasa tidak puas dan kecewa atas pengelolaan hutan, yang terkadang memicu pembakaran hutan sebagai bentuk protes.

  • Kelalaian Manusia

Banyak masyarakat yang secara tidak sadar membuang puntung rokok atau meninggalkan api unggun dalam kawasan hutan yang kering dan memiliki potensi bahan bakar melimpah sehingga terjadi kebakaran.

 

Baca lebih banyak lagi Fakta dan Informasi.
Kelapa sawit? Kunjungi The Palm Scribe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This